Rabu, 02 Oktober 2013

Apa itu Data Prefill Dapodik 2013?

Aplikasi dapodik 2013 sudah diluncurkan 1 Oktober 2013 lalu, ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh operator sekolah. Salah satunya adalah Data Prefill Dapodik 2013. Mungkin sebagian rekan operator Sekolah masih bingung apa itu Data prefill dapodik 2013.

Pada Applikasi Dapodik 2012 dulu kita mengenal File DB (database) (Backup Local Dapodik) Nah yang bingung sebenarnya Prefill Dapodik = DB/Backup Local yang isinya sama-sama "OTAK/DATA dalam Dapodik yang sudah pernah kita entry".



Kesimpulannya Prefill_Dapodik adalah Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan dipaket ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi dapodik versi 13.01. / 2013
Prefill dapodik ini tentu saja berdasarkan data yang terakhir kita upload ke server dapodik.
Samakah antara back up lokal dengan yang akan didownload dari Web dapodik? Pada dasarnya isinya sama, namun ekstensi / formatnya berbeda. Untuk yang terbaru/hasil download (ekstension .prf) sedangkan back up lokal berekstensi .pre Jadi yang back up lokal tidak bisa digunakan untuk aplikasi dapodik 2013 ini. 
Fungsi prefill dapodik 2013
Dari penjelasan di atas saya kira sudah jelas, prefill dapodik ini bermanfaat untuk memudahkan operator agar tidak kerepotan lagi menginput data Sekolah, guru/PTK, dan siswa. Jadi kalau kita masukkan data prefill pada saat proses instalasi, maka secara otomatis data sudah ada, yang perlu kita tambahkan adalah data siswa baru. dan beberapa tambahan data lainnya.

Cara download Prefill Dapodik
Sebelum mendownload prefill dapodik pastikan operator sudah mendapatkan Kode Registrasi dari Dinas kabupaten Kota.
Masuk ke  http://118.98.166.59/laman/prefill

kode registrasi dapodik
Kemudian masukkan KOREG  > Klik Download Tunggu proses download, simpan baik baik data prefill ini sebagai bagian dari proses instalasi dapodik 2013

Sumber : http://jetjetsemut.blogspot.com/2013/10/apa-itu-data-prefill-dapodik-2013.html

0 komentar:

Posting Komentar